Saturday, April 13, 2013

Belanda Menjajah Indonesia 350 tahun ?


Ya, mungkin kita sudah sangat sering mendengar bila penjajahan yang dilakukan Belanda terhadap Indonesia ada lah 3,5 abad. Tapi, benarkah pernyataan tersebut? Mari kita renungkan sejenak tentang hal ini, Belanda datang ke Indonesia pertama kali oleh Cornelis De Houtman di tahun 1596 lewat banten. Jika yang menjadi acuan 350 tahun adalah tahun ini, itu sangatlah tidak masuk akal. Mengapa? Bagaimana mungkin orang yang baru datang langsung menjajah? De Houtman di tahun itu hanya melakukan penjajakan. Selanjutnya versi lain adalah Indonesia dijajah Belanda saat VOC di bentuk, yakni 1602, jika di tambahkan 350 maka adalah 1952. Lalu, bagaimana dengan proklamasi tahun 1945 dan juga pengakuan kedaulatan Indonesia oleh Belanda di tahun 1949?



Jika kita memikirkan seberapa luas Indonesia, akan adanya kejanggalan, Karena luas nya negara ini. Seharusnya kita berfikir, bagian mana yang dijajah Belanda selama 350 tahun? Markas besar VOC yang pernah berdiri di Indonesia (Maluku, Banten atau Batavia) paling lama adalah 340 tahun. Patut menjadi catatan bahwa Belanda menjajah Maluku adalah ditahun 1630. Aceh di jajah Belanda di tahun 1904 itupun rakyat aceh melakukan penyerangan dan Belanda baru menguasai di tahu 1912. Daerah Bali di jajah di tahun 1906. Mengacu pada tahun proklamasi 1945, Bali dan Aceh paling lama di jajah selama 39 tahun.

Marilah kita berfikir tentang hal ini, Bukan kah Negara yang Besar dalah Negara yang Menghormati Jasa Pahlawannya? Berarti jika kita mengakui negara ini adalah negara jajahan Belanda selama 350 tahun, berarti kita tidak menghargai perjuangan pahlawan - pahlawan kita. Karena jelas adanya jawaban yang tidak jelas tentang kapan kah Belanda mulai menjajah Indonesia. Ini jelas karena sebagian besar Warga Negara Indonesia adalah orang - orang yang tidak melek sejarah dan seolah oleh telah melupakan sejarah serta menganggap sejarah hanya sebagai kejadian yang sudah lampau.

Jika 350 tahun tersebut adalah yang membuat kita berpikir negara Belanda hanya merusak Indonesia, marilah kita berpikir tentang hal ini.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment